Kepoin Bahan Brokat Yuk.!!

Apa itu bahan kain Brokat,,???

      Pertama sebelum membahas lebih lanjut mengenai brokat, mari kita bahas terlebih dahulu terkait dengan apa sih sebenarnya kain brokat itu? Kain brokat, ternyata bukanlah bahan renda, bukan juga bahan embroidery atau jenis kain lainnya. Bahan jenis ini adalah jenis kain yang kaya akan dekorasi. Selain itu, juga kerap dibuat dengan menggunakan sutra berwarna. Baik dengan atau tanpa benang emas dan perak.
      Brukat atau brokat, berasal dari kata yang sama dari kata brokoli. Yaitu sebuah kata Italia brocato yang berarti kain yang disulam. Sumber lain mengatakan jika brokat berasal dari bahasa lain brocarre yang memiliki arti menusuk atau bahan yang ditusuk. Dengan adanya hal tersebut menunjukkan jika bahan kain brokat ini bisa disamakan dengan Neddle work.
Dengan demikian, maka teknik menenun kain satu ini juga sering disebut dengan tenun sulam. Brokat menghadirkan pola yang rumit seperti bunga-bunga, tanaman serta beberapa unsur alam lainnya. Brokat juga kerap menjadi pelapis bahan utama dalam busana. Tektur dari bahan satu ini keras serta gatal manakala tersentuh kulit. Oleh karenanya, maka harus ada bahan pelapis pada bagian dalam brokat agar bisa memberi kesan nyaman bagi pemakainya.
Sudah berabad-abad, bahan satu ini menjadi pilihan tepat digunakan untuk busana formal, terlebih di Indonesia digunakan sebagai bahan untuk busana kebaya. Bahann satu ini juga menjadi pilihan populer, ketika membuat busana pengantin khususnya untuk desain mewah kas Victoria.
Pada dasarnya, jenis kain ini sangat ideal manakala digunakan oleh pemakainya menginginkan busana yang elegan serta Sophiciated. Sehingga mampu menarik perhatian bagi pemakainya. Sekarang ini, jenis kain brokat banyak dipakai oleh negara-negara Asia untuk acara adat, pesta hingga pernikahan. Nanya pun juga sangat pesat.
Selain itu, hadir banyak sekali beragam ide serta kreativitas dari para desainer dalam membuat atau mengaplikasikan brokat. Bahan brokat mempengaruhi kebaya serta batik yang saat ini mudah ditemukan dengan beragam corak yang cukup indah dan menawan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perpaduan Busana Hijau Tosca

Contoh Model Gamis Brokat Kombinasi Satin Modern

Jenis Kain Brokat yang Bisa Digunakan untuk Mempercantik Wisuda