Jenis-jenis Kain Katun (Cotton) Berdasarkan Bahannya





     Dengan seiring beragamnya model pakaian di jaman ini, ada beragam juga jenis kain yang dibuat untuk bahan pembuatan pakaian tersebut. Salah satu nya adalah kain katun (cotton). Kain katun juga beragam jenisnya, mulai dari yang biasa sampai yaang baik dan nyaman penggunaannya. Penting untuk diketahui bahwa kain Cotton memiliki jenis yang sangat banyak. Salah satunya adalah yang dibedakan berdasarkan bahan yang digunakan. Untuk jenis ini dibagi menjadi beberapa jenis kain sebagaimana yang dijelaskan berikut ini.

   
Kain Cotton

     

1. Cotton Biasa

Jenis Cotton yang pertama adalah Cotton biasa. Kain ini memiliki tekstur yang agak kaku dan sedikit tipis. Daya serap yang dimilikinya juga terbilang sedang. Dan untuk harganya juga lebih murah jika dibandingkan dengan yang bermotif.

2. Cotton Jepang

Cotton Jepang dibuat dari 100% bahan Combed asli. Jenis kain ini mempunyai tekstur yang sangat halus serta daya serap yang sagat tinggi. Dengan kualitas yang terbaik tersebut, jenis kain ini relatif lebih mahal dari pada jenis Cotton yang lain. Sebenarnya, kain Cotton Jepang ini tidak begitu berbeda dengan jenis yang lainnya. Hanya saja, yang membedakan dengan yang lain adalah tampilannya yang memiliki corak dan motif penuh. Selain itu, jenis Cotton ini juga cenderung cerah. Namun, ada juga yang menyebut jenis Cotton Jepang ini lebih halus jika dibandingkan dengan Cotton biasa.

3. Cotton Paris

Jenis kain Cotton selanjutnya adalah Cotton Paris. Kain jenis ini terbagi lagi menjadi dua macam. Perama adalah jenis Cotton Paris yang polos dan kedua adalah yang bermotif. Kain Cotton polos hampir mirip dengan Cotton biasa. Namun, jenis ini lebih terawang dan lebih tipis. Untuk harganya, jenis kain Cotton Paris polos relatif lebih murah dari pada Cotton biasa. Sedangkan untuk jenis Cotton Paris motif memiliki kemiripan dengan Cotton Jepang. Akan tetapi, Cotton Paris motif ini relatif lebih tipis jika dibandingkan dengan Cotton Jepang. Sehingga dari sisi harga pun juga lebih terjangkau.

4. Cotton Slik Sutra

Cotton Slik Sutra merupakan jenis kain Cotton yang dibuat dari kepompong ulat sutera asli yang dipadukan dengan kain Cotton asli. Jenis kain ini memiliki bahan yang ringan dengan tekstur yang sangat lembut dan nyaman. Ia juga relatef kuat dan tidak mudah rusak. Jenis kain ini banyak digunakan untuk membuat dress atau rok.

5. Cotton Bangkok

Ini merupakan jenis Cotton yang asalnya dari Bangkok. Kain jenis ini mempunyai tekstur yang yang agak kasar. Jika dibandingkan dengan jenis Cotton biasa, kain ni memiliki ukuran yang lebih tipis. Bahkan, beberapa jenis Cotton Bangkok ada yang menerawang dan transparan. Jenis kain ini umum digunakan untuk kemeja, blouse dan sebagainya.

6. Cotton Rayon

Jenis kain Cotton yang selanjutnya adalah Cotton Rayon. Kain jenis ini berbeda dengan Cotton Bangkok yang dijelaskan sebelumnya. Ia memiliki tekstur sedikit licin dan mudah jatuh karena bahannya yang ringan. Saat digunakan, jenis kain ini lebih adem dan mudah menyerap keringat. Namun, jenis Cotton ini kelemahannya adalah ia lebih mudah kusut.

7. Cotton Cina

Selanjutnya adalah Cotton Cina yang merupakan jenis Cotton yang menggunakan bahan Cotton Twill. Jenis kain ini sebenarnya hampir sama dengan Cotton Jepang. Namun, jenis Cotton ini biasanya lebih tipis dan memiliki warna yang kurang kuat. Masyarakat banyak yang menjadikan bahan Cotton ini sebagai sprei.

8. Cotton Minyak

Jenis kain ini masih belum begitu dikenal. Sebenarnya, ia tidak begitu berbeda dengan jenis Cotton yang lain. namun, permukaan pada jenis kain ini terkesan lebih berminyak. Mirip dengan Cotton Sutera namun kilapnya tidak sama. Selain memiliki daya serap yang cukup tinggi, kilap pada kain ini berangsur-angsur akan menghilang ketika beberapa kali dicuci.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perpaduan Busana Hijau Tosca

Contoh Model Gamis Brokat Kombinasi Satin Modern

Jenis Kain Brokat yang Bisa Digunakan untuk Mempercantik Wisuda